25 January 2007

Terjun ke dunia Web harus menguasai Server Side juga Client Side Programming


Setelah 2 tahun bercinta dengan web programming akhirnya saya menyadari bahwa untuk benar benar bisa menjadi programmer web yang baik harus bisa menguasai 2 sisi pemrograman, yaitu client side dan server side, keduanya tidak bisa di pisahkan,

Teknologi yang digunakan dalam pemrograman web dibagi menjadi dua yaitu server side dan client side. Pada server side, perintah-perintah program dijalankan di server dan dikirimkan ke browser sudah dalam bentuk HTML. Sedangkan client side, proses akan dilakukan di web browser. Biasanya client side digunakan untuk hal-hal yang membutuhkan interaksi user tetapi data yang ditampilkan tetap dan seragam.

Aplikasi web berjalan pada protokol HTTP, dan semua protokol di internet selalu melibatkan antara server dan client. Ketika seseorang mengetikkan suatu alamat di browser, maka browser akan mengirimkan perintah tersebut ke web server. Jika yang diminta oleh client adalah file yang mengandung perintah server side maka server web akan menjalankan dahulu program tersebut lalu mengirimkannya kembali ke browser dalam bentuk HTML sehingga dapat diterjemahkan oleh browser. Sedangkan jika yang diminta oleh client adalah file yang mengandung file client side maka oleh server file tersebut akan langsung dikirimkan ke browser.

"kenapa saya harus menguasai dua2 nya, sedangkan saya bisa membuat web dengan salah satunya?"

untuk server side programming seperti php dan asp, memang terkenal handal, apalagi php saya dapat merasakannya sendiri, betapa hebatnya bahasa yang satu ini, untuk penggunaan database gak perlu di tanya lagi, sangat powerfull, dan masih banyak lagi yang bisa di lakukannya..

namun tidak semua layanan efektive menggunakan server side saja,
contohnya anda ingin membuat content yang realtime update seperti bursa saham contohnya, gak mungkin anda pake php atau asp yang berbasis server side untuk menampilkan data yang up to date itu, karena kita tau bahasa tersebut berjalan/ dieksekusi pada saat page load, dan membutuhkan proses lagi di server baru kemudian di kirimkan ke browser, sbenarnya bisa saja dilakukan tapi gak lucu kalo kita harus membuat web browser refresh tiap detiknnya, karena akan memakan waktu dan tidak efektif...

kita tau kehandalan java script sejak kemunculannya hingga saat ini, kita dapat membuat applikasi yang berjalan di browser tanpa harus mlakukan load page ketika harus melakukan suatu proses, beberapa contoh yang sering di gunakan seperti menu rollover, pop up menu dan animasi animasi web, kebanyakan menggunakan java sebagai client side programming, dan layanan yang saya pakai untuk menuliskan posting ini pun menggunakannya, dengan tampilan mirip notepad he he he, pokoknya untuk applikasi web java scrip top bgt..

jadi anda bisa bayangkan kalau anda hanya menguasai salah satunya, pasti kreatifitas anda akan sangat terbatas, dan hasil web yang anda bikin pasti sangat tidak atraktif, walaupun mungkin content nya powerfull, saya jamin..