22 January 2007

Security Tips for Intranet Connection Via Cable Modem ..always on..


Rekan rekan ...
Ada tips penting sebaiknya disebarkan pada karyawan atau relasi anda apalagi kalau anda menggunakan intranet dan windows based client.

tadi sore duduk duduk sambil minum kopi, hmm sambil mikir mikir, penggunaan internet yang pesat banget, dan sempat terpikirkan dampaknya bagi pengguna awam yang tidak memikirkan keamanan data di komputer dia dan dampak lain lain, apalagi skarang siapa saja bisa mengakses internet dari rumah, di mobil, bahkan di cave cave dengan cara yang sangat mudah tinggal plug and play :D

bukan hanya masalah keamanan data, tapi resiko terinveksi virus yang bisa berakibat fatal banget, so apa yang harus di persiapkan agar hal hal tadi bisa di atasi..

intranet dan windows based client juga sangat rentan jika anda menggunakan cable modem, karena IP dari intranet anda dapat lebih mudah dilihat dari jaringan internet sehingga tetangga anda atau kantor disebelah anda sebetulnya dapat juga mengakses property dari IT yang ada dalam internet, apalagi jika tidak dilengkapi dengan firewall.

akhirnya selesai minum kopi sambil ngobrol ngobrol ama temen, mulai deh coba coba surving sambil baca baca berita dengan bantuan om google akhirnya saya temukan tulisan yang cukup bagus untuk di jadikan solusi dari sodara :
Rudy Rusdiah

Nah tips yang penting bagi teman teman yang memakai jaringan cable...atau leaseline yang terconnect 24 jam keinternet..memang suatu kemajuan dan blessing bahwa kita memasuki era BROADBAND and Always ON.... computing whenever you are whereever you are...kayak iklan coca cola...begitu..

Tapi selain blessing ada juga mala petakanya...yaitu jika ada virus sudah penetrasi kedalam jaringan intranet anda...maka virus ini akan berusaha replicate dan menyebarkan virus tsb melalui address book yang ada dalam computer anda...dan biasanya waktu anda meninggalkan komputer dalam keadaan hidup dan aktif terhubung kejaringan intranet dan internet(untrusted public network) melalui cable modem misalnya.

Jadi tips yang paling nomor satu penting bagi yang memakai cable modem...:


1. Segera matikan komputer anda jika tidak terpakai apalagi jika anda menggunakan cable atau jaringan intranet yang terhubung keinternet... Memang kalau hanya melihat faktor teknis...malah membiarkan komputer
menyala terus menerus tanpa dinyalamatikan membuat lifetime computer menjadi lebih lama(jika sirkuasi udara dan suhu udara memenuhi syarat pabrik) ....tapi dengan adanya virus, backdoor dan lain lainnya...sebaiknya komputer dimatikan saja kalau tidak dipakai.

2. Perhatikan address book anda...terutama diOutlook..karena ini sasaran empuk bagi virus untuk dipakai sebagai daftar alamat untuk melakukan replikasi dan beranak pinak... Note: maunya sih mengatakan sebaiknya pakai program email yang lain misalnya Eudora dan jangan dijadikan default email...sehingga tidak mudah bagi virus untuk mendetect address book anda... kalau perlu pakai Linux...meskipun tentu tidak ada sistim didunia yang 100% safe kaerena akhirnya semua adalah buatan manusia...sehingga pasti ada kelemahannya , meskipun bagaimana hebatnya sebuah sistim.

3. Yah tentu pasang antivirus kalau pakai Windows...sedangkan kalau pakai Linux kayaknya kok belum populer antivirus untuk linux :-)

4. Pasang firewall untuk blok IP address pasang mail server di demiliterized zone(DMZ istilah computer security)..atau zona antara trusted public network dengan trusted network diintranet anda. Memang sulitnya virus masuk sebagai attachment biasa dan menyerang trusted network dari dalam bukan dari luar

5. Semoga bermanfaat ("maaf sebagian tulisan terpaksa di buang karena berbau iklan he he he, padahal sebenarnya bagus juga, lupakan saja karena akan membuat anda penasaran :d ")

artikel bisa juga di baca di : http://www.apwkomitel.org

Mohon ditambahkan tips tips yang lain...jika rekan rekan memilikinya.