28 February 2007

Riset Media Online di Indonesia

Internet sudah lama dikenal di negeri kita. Tapi percaya atau tidak, belum pernah ada satu lembaga independen yang mulai mendata beragam hal yang berhubungan dengan dunia online. Riset yang paling mendasar mungkin bisa didapat dari APJII. Dari sini kita setidaknya bisa mengetahui jumlah pengguna internet di Indonesia. Namun itu pun, hanya bersifat estimasi yang dilakukan pada tahun 2005.

Terkait dengan semakin banyaknya brand yang berkampanye online, seharusnya ada hal-hal yang bisa dipelajari lebih lanjut dari setiap kampanye tersebut. Sayangnya, belum ada lembaga independen yang memulai riset tentang hal ini. AC Nielsen Indonesia pun belum pernah melakukannya. Fokus mereka saat ini masih pada media cetak dan elektronik.

Apa yang dilakukan banyak produsen dan agency di Indonesia dengan beragam kampanye online-nya umumnya dilakukan sebatas trial and error. Dalam setiap aktivitas kampanye online-nya, yang jadi patokan adalah pengalaman dari sebelumnya. Kalau dulu program kampanyenya seperti ini, maka hasilnya seperti ini. Kalau misalnya dilakukan dengan cara yang berbeda, hasilnya pun jadi seperti ini. Tidak ada tolak ukur yang sama dalam setiap pengukurannya.

Setiap produsen dan agency menjaga kerahasiaan datanya masing-masing. Hal ini pula yang menyulitkan standarisasi pengukuran. Di sinilah sebenarnya lembaga riset independen dibutuhkan. Seharusnya lembaga seperti AC Nielsen sudah memiliki metode pengukurannya, karena AC Nielsen di US pernah melakukan riset seperti ini sebelumnya. Mereka tinggal mengadaptasinya dengan kebutuhan lokal di Indonesia.

Kemajuan aktivitas online di Indonesia tidak akan lepas dari riset dan data pendukung. Sebagai contoh, secara gamblang mungkin kita bisa menebak aktivitas yang paling sering dilakukan pengguna internet di Indonesia. Namun, karena tidak didukung dengan data yang valid, agak susah bagi kita untuk meyakinkan para calon-calon produsen dan investor betapa pentingnya mereka berinvestasi dalam aktivitas di dunia maya.

Terlepas dari belum adanya lembaga independen yang memulai riset di dunia online, siapa tahu ada rekan-rekan mahasiswa yang baru saja melakukan penelitian tugas akhir seputar dunia online? Apapun itu risetnya, ada baiknya kalau bisa kita pelajari bersama. Jadi, jika ada rekan-rekan yang pernah melakukan riset online dalam bentuk apapun, sekiranya berbaik hati untuk kita share bareng bareng di sini
artikel kutipan : http://media-ide.bajingloncat.com/2007/01/18/riset-media-online-di-indonesia/