04 July 2007

Bye Bye ccTDL .id (co.id/net.id/web.id dll) Welcome .id doang


Jakarta, Endonesia — Pemerintah Indonesia, via Departemen Kominfo, akhirnya berbuat pintar juga. Pemerintah akan segera membubarkan penggunaan domain bertele-tele semacam co.id, net.id, or.id, web.id, sch.id, dll, dan menggantinya dengan domain berakhiran tungal: ID.
Direktur Jenderal Aplikasi Telematika Depkominfo Cahyana Ahmadjayadi Jumat lalu (22/6) mengatakan, pelaksanaan perubahan itu akan dilakukan secara bertahap dan dilakukan berdasarkan akhiran domain yang sudah dimiliki pengguna.

Para pemilik doamin .net.id, co.id, dan web.id, misalnya, diberi waktu hingga 31 Agustus 2007 untuk mengubah nama domainnya. Sedangkan pemilik domain sch.id, ac.id, dan or.id, kata mantan Dirut PT Pos Indonesia itu, diberi tenggat waktu hingga 30 Septermber 2007. Adapun pemilik domain go.id dan mil.id diberi waktu hingga 28 Februari 2008.

Per Juni 2007 terdapat 38.461 nama domain yang menggunakan aneka akhiran id. Rinciannya: co.id sebanyak 17.552 buah (48%), web.id 8.814 (24%), or.id 5942 (16%), sch.id 1533 (4%), go.id 1461 (4%), mil.id 1032 (3%), net.id 266 (1%) dan war.net 108 (1%).

Cahyana Ahmadjayadi juga mengungkapkan bahwa Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) tidak akan lagi bertindak sebagai pengelola domain. Tugas tersebut sekarang dipegang oleh lembaga nirlaba bernama PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), yang diketuai oleh Teddy Sukardi.

Langkah pemerintah ini bisa dibilang langkah cerdas. Pasalnya, ragam domain yang ada selama ini terlihat tak lucu. Perusahaan, misalnya, mesti pakai co.id, yang kerap diplesetkan sebagai ko-it atau koit, alias mati. Jadi kalau ingin jadi perusahaan yang mati, pakailah akhiran co.id.

Meski cerdas, tak jelas mengapa pengurusan domain diserahkan kepada PANDI. Terlebih lagi, meski lembaga ini mengurus domain, PANDI hingga kini justru tak jelas di mana alamat domainnya. Logisnya sih, www.pandi.or.i d . Sayangnya, domain yang satu itu sampai sekarang masih kosong melompong.

Software registrasi domain Indonesia pun sedang diperbarui. Status software bernama Address itu hingga kini masih beta. Pembuatnya adalah Ametis Technology, http://www.ame tis.co.id *** che

Link:Introduction to ID by Teddy Sukardi http://www.scr ibd.com/doc/124631/Introductio n-to-ID